Sabtu, Juli 05, 2008

Peminat SMK Melonjak, SMA Turun

Sejumlah orang tua murid sedang mencari informasi mengenai PSB di SMKN 1 Ciamis, kemarin.

CIAMIS - Seiring dengan gencarnya sosialisasi pemerintah terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dianggap memiliki masa depan karena mampu terserap lapangan kerja, jumlah peminatnya pun mengalami peningkatan. Berbeda halnya dengan para peminat ke SMA yang malah mengalami penurunan. Hal ini terlihat saat proses penerimaan siswa baru tahun ajaran 2008-2009.

Seperti di SMKN 1 Ciamis, hari terakhir penerimaan siswa baru (PSB) pada hari Jumat (4/7) kemarin, jumlah siswa yang mendaftar mencapai 613 orang. Padahal total kuotanya hanya mencapai 424 kursi. Mayoritas pendaftar memilih jurusan akuntansi dan administrasi perkantoran.

“Peningkatan peminat mencapai 25 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun kemarin, jumlah siswa yang daftar mencapai 400 sampai 450 orang. Kini sebanyak 613 orang. Itu pun dimungkikan akan mengalami peningkatan lagi karena masih ada waktu hingga sore,” ujar Iman Putra, ketua Panitia PSB SMKN 1 Ciamis saat dihubungi di Kampus SMKN 1 Ciamis Jl Jenderal Sudirman, sekitar pukul 09.30.


Peningkatan jumlah peminat ini, aku dia, di samping karena gencarnya sosialisasi dari pemerintah, juga karena SMKN 1 merupakan sekolah bertaraf internasional dan telah mendapatkan ISO 9001:2000. Sama halnya dengan proses PSB di SMKN 2 Ciamis. Dari kuota sebanyak 144 kursi yang telah mendaftar mencapai 295 orang. Terutama para peminat di jurusan teknik mesin dan otomotif.

“Peningkatakan ini seiring dengan adanya penambahan jumlah kelas untuk jurusan permesinan sebanyak dua rombongan belajar. Awalnya dua rombel dan kini menjadi empat rombel. Sedangkan untuk jurusan otomotif masih tetap dua rombongan belajar dengan jumlah kuota 72 siswa. Khusus untuk otomotif yang telah mendaftar sebanyak 169 siswa,” terang Dendi Budiana, Ketua II PSB SMKN 2 Ciamis.

Sementara di tingkat Sekolah Lanjutan Atas non kejuruan, jumlah peminatnya mengalami penurunan. SMAN 1 Ciamis yang notabene sebagai sekolah favorit mengalami penurunan mencapai 100 orang bila dibandingkan dengan PSB tahun sebelumnya.

“Pendaftar untuk tahun ini mengalami penurunan. Jumlah siswa yang daftar melalui jalur bursa sebanyak 280 orang. Sedangkan tahun lalu sebanyak 378 orang. Berdasarkan informasi yang diterima dari orang tua siswa, penurunan ini disebabkan karena adanya informasi bahwa SMAN 2 tidak menerima pilihan 2 sehingga orang tua siswa pada takut,” ungkap Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Ciamis Drs Edi Kosasih.

Lain halnya dengan MAN 2 Ciamis. Kepala MAN 2 Ciamis Drs Tatang Ibrahim MPd mengaku bahwa jumlah peminat siswa yang mendaftar ke sekolahnya mengalami peningkatan hingga mencapai 25 persenan. Bila tahun ajaran sebelumnya mencapai 250 orang, kini mencapai 280 orang. “Peningkatan jumlah siswa yang masuk ini, tidak hanya siswa dari lulusan MTs saja tapi juga siswa yang berasal dari SMP. Dimungkinkan siswa yang daftar akan bertambah karena PSB ini akan ditutup sampai dengan tanggal 9 Juli mendatang,” pungkasnya. (ttm)

20 komentar:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  2. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  3. makasih, infonya sangat bermanfaat sekali gan,,

    BalasHapus
  4. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat blognya, dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  7. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  8. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  9. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  10. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  11. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  12. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  13. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  14. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  16. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  17. infonya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  18. thank's buat infonya, semoga sukses terus ya, kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/Gj7Zhz

    BalasHapus