Jumat, Juni 27, 2008

Banyak Warga Cabut Dukungan

Ruhiyat memperlihatkan formulir B9PKWK-KPU sebagai formulir bantahan mendukungan saat proses verifikasi faktual berkas calon independen, kemarin.
Hasil Verifikasi Faktual Calon Independen

BAREGBEG CIAMIS – Sejumlah PPS mengaku kebingungan dengan adanya verifikasi faktual yang harus memeriksa berkas-berkas milik calon bupati maupun wakil bupati yang melalui jalur indepeden. Sebab tidak adanya penjelasan khusus mengenai apa yang harus mereka lakukan.
Terlebih dalam pelaksanaannya di lapangan, banyak menemukan berbagai kendala. Seperti dukungan ganda, mengaku tak menyatakan dukungan, atau KTP yang bersangkutan telah usang, pindah domisili dan lainnya. Mereka khawatir masalah-masalah ini bakal menjadi bumerang bagi mereka.

Seperti terjadi di PPS Desa Baregbeg Kecamatan Baregbeg. Petugas PPS yang memverifikasi bukti dukungan mendapatkan keluhan bahwa ada masyarakat yang tercantum menyatakan dukungan, namun setelah verifikasi ternyata yang bersangkutan membantahnya. Selain terdapat dukungan ganda.

“Ada dua orang warga yakni Endang Abdul Wahid dan Nana Suryana warga Dusun Ciwahangan RT 02/09 Desa Baregbeg. Endang tercantum memberikan dukungan kepada pasangan Ipung Purwana dan Saefuddin dengan nomor dukungan 407. Sedangkan Nana, nomor dukungan 405. sayangnya, keduanya merasa tidak memberikan dukungan kepada pasangan Ipung Purwana dan Saefuddin,” terang Ketua PPS Desa Baregbeg Ruhiyat, kemarin.

Menurutnya, kejadian ini banyak juga terjadi di daerah-daerah lain. Para petugas verifikasi banyak yang mengaku angkat tangan dengan temuan-temuan mereka karena mereka lah yang malah dipermasalahkan oleh masyarakat.

Hal serupa terjadi di PPS Sukasirna Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang. Seperti dikatakan Agus Efendi, dirinya menemukan ada warga yang tidak merasa memberikan dukungan tapi dalam verifikasi faktual tercantum nama-namanya. “Awalnya sebelum ada verifikasi faktual, beberapa warga Dusun Sindangmangu Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang mengumpulkan KTP.


Sepengetahuan masyarakat, KTP yang mereka serahkan guna syarat adanya pemberian bantuan pembangunan Mesjid An Nur. Tapi saat didatangi, mereka malah tercantum sebagai pendukung kepada pasangan calon bupati Afandi Permana dan Koko Komarudin,” papar dia.

Saat dikonfirmasi kepada Ipung Purwana yang maju menggunakan jalur independen berpasangan bersama Saepudin, Ipung mengatakan merasa tidak keberatan dengan adanya temuan itu. Meskipun akhirnya warga yang sebelumnya terhitung sebagai pendukungnya, akhirnya mencabut dukungannya. “Makanya ada verifikasi faktual. Kegunaannya, kalau-kalau ada masyarakat yang tidak merasa membuat dukungan bisa membuat surat pernyataannya. Itu kembali lagi diserahkan kepada masyarakat,” terangnya.

Sedangkan Anggota KPU Ciamis Nanang Herdiana berkata, KPU menyerahkan sepenuhnya kepada PPS dalam proses verifikasi ini. “Kami tidak turut campur dengan verifikasi ini. Silahkan PPS memverifikasi sesuai dengan peraturan dan mekanisme yang ada,” kilahnya. (ttm)

21 komentar:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  2. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  3. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  4. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat blognya, dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  7. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  8. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  9. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  10. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  11. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  12. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  13. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  14. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  16. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  17. infonya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  18. Makasih infonya gan, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/mAhfdw

    BalasHapus
  19. Infonya sangat menarik sekali gan, sukses terus ya http://goo.gl/gVJRQv

    BalasHapus