Jumat, Juni 27, 2008

BIN Sebut Anggota DPR Danai Demo

JAKARTA – Kepala BIN Syamsir Siregar tidak hanya menuding aktivis berinisial FY sebagai dalang unjuk rasa anarkis belakangan ini. Kemarin Syamsir menuding salah seorang anggota DPR ikut mendanai demonstrasi yang berakhir rusuh itu.

Syamsir tidak menyebut nama anggota DPR yang dimaksud. Begitu juga partai politik yang menaunginya. ’’Pokoknya, salah satu anggota DPR dari salah satu partai,” kata Syamsir usai menghadiri peringatan Hari Antinarkoba di Istana Negara kemarin.

Menurut Syamsir, saat unjuk rasa 25 Juni yang berakhir rusuh, BIN melihat sekelompok orang didatangkan dari Sumatera Utara. ’’Kemarin kita lihat kok banyak sekali yang demo itu. Ada Silalahi, ada Manurung, ada Napitupulu, ada Marpaung, ada Nababan. Itu dari mana kalau bukan dari Sumut?’’ katanya.

Kedatangan kelompok dari Sumut itu, kata Syamsir, ternyata dibiayai anggota DPR tersebut. Syamsir juga enggan menyebut nama partai atau fraksi oknum tersebut. Apa dari PDIP? ’’Aku nggak bilang PDIP, nggak bilang PKB,’’ kata Syamsir.

Bukan hanya itu. Syamsir juga mengecam menteri asal parpol yang menerapkan standar ganda dalam menyikapi kenaikan harga BBM. ’’Saya menyesalkan menteri dari parpol yang mendukung pemerintahan. Dalam kabinet setuju harga BBM naik, eh di DPR lain ngomongnya,’’ katanya.

Lagi-lagi Syamsir menolak menyebut nama menteri yang dimaksud. ’’Ya, menteri dari parpol-lah. Itu kan nggak benar. Kalau dalam rapat kabinet sudah putus, kok di luar ngomongnya lain. Sontoloyo!’’ kata Syamsir dengan logat Batak yang kental.

Menurut Syamsir, SBY sudah tahu menteri-menteri yang mbalelo tersebut. ’’Untung bukan aku presidennya. Kalau aku presidennya, sudah ciao,’’ kata Syamsir sembari memeragakan gerakan menebas.

Di Kabinet Indonesia Bersatu terdapat sejumlah menteri yang parpolnya di DPR mendukung hak angket BBM. Dari PPP adalah Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali dan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah. Dari PKS ada Menteri Pertanian Anton Apriantono, Menteri Perumahan Rakyat Yusuf Asy’ari, dan Menpora Adhyaksa Dault.

Juga dari PAN, Mendiknas Bambang Sudibyo dan Mensesneg Hatta Radjasa (PAN). Dari PKB, yakni Menakertrans Erman Suparno dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Lukman Edy. Lalu dari PBB adalah Menteri Kehutanan M.S. Kaban.

Polisi Diminta Tangkap FY
Syamsir Siregar juga meminta polisi segera menangkap pria berinisial FY yang disebutnya dalang kerusuhan 25 Juni. Menurut Syamsir, bukti-bukti keterlibatan FY sudah diserahkan ke polisi. Sekarang tinggal menangkap pria yang diduga bernama lengkap Ferry J. Yuliantono tersebut. ’’Kau lihat kan kemarin pengakuannya di televisi. Kau tanya polisi saja. Dia yang tahu. Sebentar lagi ditangkap polisi itu,” ujar Syamsir. Menurut Syamsir, walau masih di luar negeri, FY tetap akan ditangkap.

Syamsir juga memberi sinyal bahwa Komite Bangkit Indonesia (KBI), organisasi tempat bernaungnya Ferry, akan diperiksa terkait kerusuhan unjuk rasa tersebut. ”Itu nanti polisi yang mendalami. Saya sudah kasihkan ke polisi buktinya. Sudah lengkap,” ujarnya.

Menanggapi desakan BIN tersebut, Kapolri Jenderal Pol Sutanto menyatakan sedang mempelajari. Polisi, kata Sutanto, siap mengambil langkah tegas jika memang diperlukan. Mengenai keberadaan FY di Tiongkok, menurut Sutanto, tidak menjadi masalah. Polisi bisa bekerja sama dengan Interpol untuk mengejarnya. ”Ya, nanti pasti kita lakukan langkah-langkah yang diperlukan," ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua MPR Hidayat Nurwahid menilai pernyataan kepala BIN terlalu dini. Namun, dia juga mengkritisi demo mahasiswa yang anarkis itu. ”Ini era di mana demonstrasi yang berlaku dengan baik. Jangan mau ada yang ditunggangi. Jangan mau ada yang menunggangi,” ujarnya di sela-sela peluncuran caleg PKS di Hotel Millenium Kebon Sirih kemarin.

Hidayat menyesalkan jika mahasiswa bersedia ditunggangi kepentingan politis. ”Kemarin yang demo itu orang yang menyebut mahasiswa, tapi 13 tahun. Ada yang 40 tahun, berarti itu mahasiswa abadi. Berarti bukan kelompok mahasiswa,” katanya.

Dia berharap mahasiswa mensterilkan kampus. ”Anarkis justru tidak membantu rakyat, karena pengambil keputusan tidak bisa berdialog dengan jernih,” kata politikus yang dicalonkan lagi menjadi anggota DPR 2009 itu.

Di tempat yang sama, Menpora Adhyaksa Dault juga mengecam demonstrasi anarkis. ”Mahasiswa itu harus demo, tapi jangan bakar-bakar, jangan rusuh,” ujar menteri kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah itu.

Saat ditanya soal dalang atau provokator di balik aksi demo, Menpora tak begitu saja percaya. ”Mahasiswa tentu harus bisa kritis. Masak mau dimanfaatkan orang-orang yang punya ambisi kekuasaan. Tapi, apa benar mahasiswa kita sebodoh itu,” katanya.

Tudingan Syamsir ada anggota DPR yang membiayai demonstrasi yang berujung anarkis disesalkan mantan Ketua MPR Amien Rais. ”Teman-teman BIN seharusnya tidak mengumbar pernyataan. Kalau ada indikasi dini, tentu harus dihentikan segera,” katanya usai pertemuan di Kantor PB NU kemarin.

Informasi yang dihimpun koran ini, sebelum demonstrasi rusuh di Jakarta, ada rombongan yang berangkat dari Medan, Sumatera Utara. Beberapa unsur mahasiswa dari sejumlah kampus ada di dalamnya. Pengerahan massa itu diduga dibiayai dan dimobilisasi salah seorang wakil satgas sebuah partai dan anggota DPR dari Sumut.

Pada bagian lain, Ferry Yuliantono, aktivis Komite Bangkit Indonesia, kemarin dikabarkan sudah di Jakarta. Namun, saat dihubungi tadi malam, Ferry menegaskan kabar itu tidak benar. ”Saya masih di China sampai beberapa hari lagi. Ada beberapa hal yang masih harus saya selesaikan,” katanya. (tom/rdl/n

24 komentar:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  2. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  3. makasih, infonya sangat bermanfaat sekali gan,,

    BalasHapus
  4. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat blognya, dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  7. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  8. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  9. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  10. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  11. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  12. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  13. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  14. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  16. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  17. infonya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  18. makasih buat info-infonya, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/lMG3uB

    BalasHapus
  19. Makasih infonya gan, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/mAhfdw

    BalasHapus
  20. info-infonya sangat menarik dan bermanfaat sekali gan, sukses terus deh buat blog-blognya http://goo.gl/eEjtBP

    BalasHapus
  21. thank's buat infonya, semoga sukses terus ya, kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/Gj7Zhz

    BalasHapus
  22. Infonya cukup menarik dan sangat bermanfaat gan, makasih ya, semoga sukses selalu http://goo.gl/peIF9c

    BalasHapus