Jumat, Juni 27, 2008

Disdik Anggap Wajar, Dewan Mengecam

Aksi kekerasan yang dilakukan sekelompok massa di halaman depan gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya menuai kecaman dari berbagai pihak. Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ruzhanul Ulum mengatakan menyayangkan atas kejadian itu.

Menurut dia, KMRT menuju DPRD untuk menghadiri audiensi. Namun kenapa mereka harus dipukul dan diusir. “Siapa pun yang melakukan kekerasan itu memang harus ditindak. Namun itu bukan kewenangan kami melainkan aparat hukum,” tegasnya.

Anggota Komisi IV Agung Novansyah menyesalkan adanya insiden tersebut. Ia mengecam tindakan anarkis terhadap peserta audiensi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Terlebih kejadiannya di gedung wakil rakyat yang notabene milik publik. “Segala sesuatu tidak akan beres dengan kekerasan. Hanya jalan musyawarah yang bisa menyelesaikannya,” ucap dia.

Anggota dewan dari Fraksi Partai Golkar itu juga mendesak aparat kepolisian untuk menindak tegas pelaku pemukulan. “Kami minta pada pihak kepolisian untuk menyelesaikannya secara hukum,” tandasnya.

Kecaman serupa dilontarkan Ketua Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Tasikmalaya Junaedi. Menurut Jun --sapaan akrab Junaedi-- kekerasan terhadap peserta aksi termasuk pemberengusan terhadap demokrasi. KMRT hendak menyuarakan aspirasinya dalam audiensi, kenapa dijegal hingga dipukuli. “Kami mengecam keras atas aksi pemukulan itu,” ungkap dia.

Junaedi meminta aparat kepolisian menindak tegas pelaku kekerasan. Ia juga berharap aparat penegak hukum mengusut tuntas dugaan penyimpangan DAK 2007 yang sudah dilaporkan KMRT beberapa minggu lalu. “Bukan hanya DAK tetapi juga dugaan penyimpangan lainnya,” ucapnya.

Ketua Forum Rakyat Madani (FRM) Dudu Rohman pun menyesalkan adanya tindakan kekerasan tersebut. Ia menilai kekerasan itu sudah merusak tatanan demokrasi. “Mereka (KMRT, red) ingin menyampaikan aspirasi berkenaan dengan pendidikan, seharusnya diterima dengan baik. Mereka itu tamu yang harus dihormati sejauh tidak melakukan hal-hal yang diluar etika,” tandasnya.

Ketua Prabu Dani Bahtiar sangat menyesalkan dan menyayangkan aksi pemukulan terhadap rekan-rekan KMRT. “Guru sekaligus pendidik dianggap telah mencoreng nama baik guru serta nama baik institusi, dengan melakukan aksi kekerasan terhadap KMRT. Kita seharusnya melihat proses hukum yang sedang berjalan, saat ini laporan KMRT terkait dugaan penyelewengan DAK pendidikan masih diproses kejaksaan, kalau tidak merasa salah harusnya tenang-tenang saja,” ungkapnya.

Ketua LPBI Dadi Abidarda menegaskan menolak segala bentuk kekerasan. “Kami akan menggelar aksi solidaritas terkait adanya aksi kekerasan terhadap rekan-rekan KMRT. Rencananya akan digelar esok hari (hari ini, red),” jelasnya. Hal tersebut juga diamini Ketua Sipatutat, Dedi Jay serta Ketua Fortas Yayan Andriansyah.

Tanggapan berbeda datang dari Kabag TU Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Muhammad Zein. “Ulah (penyegelan kantor Disdik, red) KMRT dianggap telah melecehkan dan menginjak-injak harkat dan martabat Dinas Pendidikan, makanya suatu hal yang wajar jika hal tersebut --pemukulan-- menimpa mereka.”

“Di saat Dinas (Pendidikan) sedang banyak kesibukan, membuang-buang waktu jika harus membahas dunia pendidikan yang sangat kita muliakan dengan anak-anak tukang nyadap kelapa (massa yang dibawa KMRT, red). Tidak sesuai kapasitasnya,” jelas dia. (rid/rip)

22 komentar:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  2. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  3. makasih, infonya sangat bermanfaat sekali gan,,

    BalasHapus
  4. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat blognya, dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  7. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  8. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  9. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  10. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  11. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  12. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  13. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  14. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  16. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  17. infonya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  18. makasih buat info-infonya, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/lMG3uB

    BalasHapus
  19. Makasih buat infonya gan, artikelnya sangat menarik sekali, ditunggu ya updatean terbarunya http://goo.gl/yyMGfY

    BalasHapus
  20. thank's buat infonya, semoga sukses terus ya, kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/Gj7Zhz

    BalasHapus