Jumat, Juni 27, 2008

Dinas Perindag Kunjungi Graha Pena



TASIKMALAYA – Sudah tak terhitung lagi berapa pejabat yang sudah berkunjung dan bersilaturahmi ke Graha Pena Tasikmalaya. Mulai dari orang nomor satu di Tasikmalaya hingga orang nomor satu di Jawa Barat pun pernah berkunjung.


Nah, kemarin, giliran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tasikmalaya yang berkunjung ke Graha Pena Tasikmalaya. Namun berbeda dengan kunjungan para inohong, kunjungan rombongan Disperindag kemarin termasuk spesial.


Apa sebab? Kali pertama sejak Radar Tasikmalaya berdiri --empat tahun lalu--, satu dinas lengkap --kepala dinas bersama jajarannya-- datang untuk bersilaturahmi dan memaparkan beberapa program kerja mereka.

Dalam acara silaturahmi kemarin, Kadisperindag Tantan Rustandi SE mengungkapkan dengan adanya jalinan silaturahmi diharapkan dapat terbangun sinergi bagi kemajuan Kota Tasikmalaya. Terutama dalam mengangkat potensi daerah yang cukup banyak, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan.

Kata dia, sedikitnya ada delapan jenis komoditi unggulan di Kota Tasikmalaya. Seperti bordir, ayaman mendong, anyaman bambu, alas kaki, batik, meubeler, makanan olahan dan payung geulis. Dari semua jenis usaha itu tercatat 2.464 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja hingga 23.119 orang.

Namun dari semua komoditi tersebut, tambah dia, ada beberapa komoditi yang mulai tersingkir. Sehingga perlu adanya pembenahan dan pengenalan potensi lebih besar. Misalnya, komoditi payung geulis. Kini yang tersisa hanya empat perajin. Sedangkan batik tersisa sekitar 30 perajin. Padahal pada tahun 1950, batik Tasikmalaya cukup terkenal.

“Potensi-potensi tersebut perlu adanya perhatian khusus, sehingga bangkit kembali. Dengan demikian, kami berharap ada sinergi yang tumbuh untuk mengangkat potensi Kota Tasikmalaya yang cukup beragam,” terang dia.

Tantan menjelaskan semua kecamatan memiliki potensi masing-masing. Seperti daerah Cibeureum yang menjadi sentra anyaman mendong, Kawalu sentra bordir, Cipedes sentra batik dan makanan olahan, Tamansari sentra meubeler dan alas kaki, Indihiang sentra payung geulis dan Mangkubumi sentra anyaman bambu. “Ini membuktikan bahwa Kota Tasikmalaya kaya akan potensi daerah yang harus dikembangkan lagi,” papar dia.

Penjelasan Kadisperindag mendapat sambutan hangat dari pimpinan Radar. Saat itu hadir GM Radar Tasikmalaya Dadan Alisundana, Manajer Iklan Radi Nurcahya juga Sekretaris Redaksi Lilis Lismayanti.

GM Radar Tasikmalaya Dadan Alisundana mengatakan sebagai perusahaan media yang bersifat jaringan --yang menginduk kepada Jawa Pos-- Radar juga milik masyarakat Kota Tasikmalaya dan sekitarnya.

Dengan begitu, sudah seharusnya mendukung setiap potensi di daerah, termasuk Kota Tasikmalaya. “Radar tidak hanya milik kami, tapi juga milik masyarakat. Makanya Radar membuka pintu seluas-luasnya bagi semua orang yang memiliki ide atau gagasan guna pembangunan Kota Tasikmalaya,” ungkap dia.

Pak Ali --sapaan akrab GM Radar-- juga mengatakan suatu kebanggaan dan kebahagian, baru pertama kali ada rombongan dari dinas yang berkunjung serta memaparkan program kerja yang begitu banyak. “Sehingga ada pengetahuan bagi kami tentang potensi di Kota Tasikmalaya. Mudahan-mudahan paparan ini bisa menjadi rekomendasi bagi pembangunan Tasik menuju ke arah yang lebih baik,” tuturnya. (tin)


20 komentar:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  2. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  3. makasih, infonya sangat bermanfaat sekali gan,,

    BalasHapus
  4. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat blognya, dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  7. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  8. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  9. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  10. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  11. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  12. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  13. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  14. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  16. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  17. infonya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  18. Infonya cukup menarik dan sangat bermanfaat gan, makasih ya, semoga sukses selalu http://goo.gl/peIF9c

    BalasHapus