Sabtu, September 05, 2009

Dana Bantuan Tunggu Pendataan


Mensos dan Menhub Kunjungi Lokasi Bencana

CIGALONTANG – Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah serta Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal meninjau salah satu lokasi korban gempa terparah di Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya, Kamis (3/9). Kedatangan keduanya didampingi oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar IrjenPol timur Pradopo, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary, serta Bupati Tasikmalaya Tatang Farhanul Hakim. Rombongan terjun langsung ke lapangan guna memastikan korban gempa agar mendapat bantuan dari pemerintah.


Di lokasi bencana, selain menemui sebanyak 500 pengungsi korban gempa yang menginap sementara di tenda-tenda darurat, rombongan juga menyempatkan meninjau sejumlah bangunan yang rusak berat. Bahkan ada yang rata dengan tanah, akibat gempa berkekuatan 7,3 SR, kemarin. Beberapa infrastruktur yang diperhatikan, antara lain Kantor Kecamatan Cigalontang dan Puskesmas Cigalontang yang rusak berat, termasuk meninjau bak penampungan air sementara yang disediakan khusus untuk korban gempa.


Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah dalam konfrensi persnya menyatakan bahwa langkah pertama yang diambil pemerintah adalah tanggap darurat bencana. Yakni jika ada korban yang meninggal dunia segera dikebumikan, penyediaan logistik bagi korban gempa yang selamat, serta menyediakan tenda-tenda penampungan sementara bagi warga yang kehilangan tempat tinggal. “Isnya Allah pemerintah cepat tanggap. Jika tiga hal itu sudah selesai, kemudian akan diperbaiki pelan-pelan,” ungkapnya.


Bachtiar Chamsyah kemudian meminta kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya serta Pemerintah Provinsi Jabar untuk mendata secara rinci jumlah korban gempa, termasuk seluruh bangunan yang rusak. Pemerintah Pusat selanjutnya akan membahas mengenai pelaksanaan pembangunan.
Mensos juga menegaskan bahwa seluruh penanganan medis terhadap korban gempa tidak akan dipungut biaya. Hal itu sesuai dengan keputusan menteri kesehatan. Selain itu, khusus menanggapi ketersediaan logistik di lokasi bencana, Mensos memastikan bahwa pengiriman logistik akan terus dilakukan hingga 3 bulan kedepan. “Jangan sampai masyarakat tidak makan,” papar dia.


Tak kalah pentingnya, proses rehabilitasi sarana pendidikan, serta pemulihan psikologis korban bencana di lokasi pengungsian menjadi perhatian kunjungan Mensos. Proses belajar mengajar sementara bisa dilakukan ditenda-tenda darurat, sedangkan proses pemulihan kondisi kejiwaan korban gempa di pengungsian, kemungkinan akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Dinas Kesehatan.


Sedangkan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal menyatakan sejuah ini tidak ada sarana jalan raya yang rusak parah. Sehingga, kehadiran Jusman Syafii ke lokasi pengungsian hanya sebagai bagian dari upaya penyelamatan korban gempa. “Beberapa jalan yang rusak masih dalam tahap penataan,” ujarnya singkat.
Di lokasi gempa tersebut, seluruh bangunan sekolah yang ada dipastikan rusak berat. Sehingga proses kegiatan belajar mengajar satu minggu setelah hari raya Idul Fitri dipastikan akan diadakan sementara di tenda darurat. Seperi yang terjadi dengan SMAN Cigalontang dengan total murid sebanyak 180 orang. Dari jumlah 5 ruang kelas dan 1 kantor guru, semuanya dipastikan rusak berat.


Kepala SMP Cigalotang, Supriyatno menyatakan, dari total 26 ruangan yang ada, dipastikan hanya tinggal 1 ruangan yang masih dalam kondisi baik. Untuk menampung proses kegiatan belajar mengajar siswa sebanyak 517 orang, pihak sekolah akan mengajukan 20 tenda besar. “Total kerugian bangunan serta semua sarana dan prasarana diprkirakan mencapai 2,7 miliar,” ungkap Supriyanto.


Untuk memastikan tidak ada aliran listrik yang membahayakan warga korban gempa, petugas PLN dari pusat Tusbung UPJ Singaparna melakukan pencabutan aliran listrik ke sejumlah rumah yang roboh dan rusak berat. Sementara rumah yang tidak mengalami kerusakan, dibiarkan tetap dialiri listrik. (rip)


24 komentar:

  1. harus benar-benar merata agar semua mendapatkan bantuan yang layak,,

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  3. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  4. makasih, infonya sangat bermanfaat sekali gan,,

    BalasHapus
  5. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  6. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  7. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat infonya , dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  8. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  9. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  10. artikelnya menarik sekali, sukses selalu gan buat artikelnya,

    BalasHapus
  11. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  12. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  13. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  14. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  15. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  16. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  17. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  18. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  19. infonya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  20. infonya sangat menarik dan bermanfaat sekali, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/ONx6Aa

    BalasHapus
  21. terima kasih semua. selamat pagi semua http://goo.gl/JCA6T0

    BalasHapus
  22. terima akasih atas informasinya http://goo.gl/nhWZ0w

    BalasHapus