Sabtu, September 05, 2009

Korban Meninggal Bertambah


Rumah Rusak Capai Puluhan Ribu


TASIK—Korban meninggal akibat gempa berkekuatan 7,3 skala richter yang berpusat di Tasikmalaya (2/9), bertambah. Di Kota Tasikmalaya, sebelumnya tercatat korban meninggal 2 orang, kini menjadi 4 orang. Mereka adalah Wisnu (8) warga Kampung Sukasetia Kelurahan Sukaasih dan Irah (35) Warga Sukanagara Kecamatan Purbaratu. Ditambah Nia (35) Kampung Awiluar Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu dan Suhaeli (75) warga Ciledug Tamansari.


Demikian juga di Ciamis, sebelumnya korban meninggal 2 orang, menurut data terakhir Pemkab Ciamis, korban meninggal meningkat menjadi 6 orang. Mereka adalah Neni (84) dan Wihara (74), kedua warga Dusun Sukaratu Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya. Lalu Tukiah (60) warga Dusun Ciporohan Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican, Hj Marhamah (67) Dusun/Desa Sukasetia Kecamatan Cihaurbeuti, Pendeta Jon Voyke Talit (62) warga Dusun/Desa/ Kecamatan Banjarsari, dan Ratminah (75) warga Dusun/Desa/Kecamatan Purwajaya.


Sementara di Kabupaten Tasikmalaya korban meninggal sesuai data terakhir tetap 5 orang. Yakni Rukmita (52) warga Kecamatan Sodonghilir, Yuliana (12) warga Desa Karangmukti Kecamatan Salawu, Hendra (7) warga Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong, Enoh (65) waraga Desa Jayapura Kecamatan Cigalontang dan satu lagi belum teridentifikasi.


Begitu pun di Garut, korban meninggal untuk sementara tetap 5 orang. Antara lain, Yuyus (73) dan Novi (16) warga Desa Pamalayan Kecamatan Cikelet, Amud (55) dan Teti (13) warga Kampung Nelayan Kecamatan Cikelet, Mamah (80) warga Desa Neglasari Kecamatan Cisompet, Cepi (15) warga Kampung Pabuaran Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk dan Iyat (80) warga Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk.
Sementara kerusakan rumah dan bangunan lainnya di empat daerah tadi bertambah. Di Kota Tasikmalaya, dari data humas pemkot, jumlah rumah yang hancur sebanyak 17 unit, rusak berat 1.697 unit dan rusak ringan 5.489 unit. Fasilitas umum pun mengalami kerusakan berat dan ringan, yakni 5 sekolah, 2 rumah sakit, 2 pesantren, 4 institusi pemerintah dan 53 sarana ibadah.



Hal sama juga di Kabupaten Tasikmalaya. Dari data humas pemkab, rumah yang hancur mencapai 1349 unit, rusak berat 9.818 unit dan rusak ringan 21.442 unit. Sementara sekolah yang hancur mencapai 17 unit, rusak berat 101 unit dan rusak ringan 85 unit. Demikian juga dengan kantor pemerintahan, sebanyak 3 unit hancur, 62 rusak berat dan 49 rusak ringan. Masjid juga mengalami rusak, yakni 13 rusak berat dan 4 rusak ringan. Juga madrasah 74 unit rusak parah.


Di Ciamis, rumah yang mengalami rusak pun sangat banyak. Sesuai data Humas Pemkab Ciamis, rumah yang hancur mencapai 453 unit, rusak berat 6.095 unit, rusak ringan 8.297 unit. Sementara fasilitas umum seperti seperti bangunan masjid yang rusak 112, sekolah 35 unit, dan kantor serta jembatan 12.
Kerusakan juga terjadi di Banjar. Data terakhir Humas Pemkot Banjar menyebutkan, akibat gempa rumah yang hancur dan rusak berat mencapai 6.256.


Di Garut rumah rusak akibat gempa mencapai belasan ribu unit. Rinciannya rusak berat 5.024 unit, rusak sedang 1.311 unit, rusak ringan 7.567 unit. Sedangkan sekolah yang mengalami rusak berat sebanyak 279 unit, rusak sedang 2 unit, rusak ringan 50. Begitu pun dengan masjid, sebanyak 74 mengalami rusak berat, 16 rusak sedang dan 182 rusak ringan. (tin/sep/rip/der/kun/ari)

DATA KORBAN SE-JABAR
Sementara itu berdasarkan data yang diterima Pusdalops Badan Nasional Pengendalian Bencana (BNPB) hingga Kamis sore, korban gempa keseluruhan mencapai 57 orang. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi Dan Humas BNPB, Priyadi Kardono kepada koran ini, kemarin.
Menurut Priyadi, korban terus bertambah karena banyak warga yang tertimbun puing-puing dan belum dievakuasi. “57 korban jiwa ada yang dibawa ke rumah sakit dan ada yang langsung dimakamkan keluarga,” ungkapnya.

Adapun korban jiwa terbanyak berasal dari Kabupaten Cianjur, yakni 21 orang. Sementara daerah lainnya yakni Kabupaten Garut 10 orang, Tasikmalaya 9 orang, Kabupaten Bandung 8 orang, Kabupaten Ciamis 4 orang, Kabupaten Sukabumi 2 orang, Kabupaten Bogor 2 orang dan Kabupaten Bandung Barat 1 orang.
Selain korban jiwa, BNPB mencatat korban luka berat ada 10 orang dan korban luka ringan 138 orang.

Bertambahnya korban jiwa dibarengi pula dengan data kerusakan rumah. Catatan Pusdalops BNPB, data kerusakan terbanyak terdapat di Kabupaten Ciamis yaitu 5.085 unit rumah roboh atau rusak berat. Selain itu rumah rusak ringan sebanyak 6.211 serta 21 unit sekolah, 77 unit tempat ibadah dan 2 unit kantor juga mengalami kerusakan. “Secara keseluruhan, tercatat total rumah roboh/rusak berat sebanyak 11.039 unit, rusak sedang 15 unit dan rusak ringan 13.464 unit. Data ini mencakup 10 kab/kota di Jawa Barat. Hingga saat ini, belum ada penambahan data kerusakan untuk fasilitas umum lainnya,” ungkap Priyadi.

Sementara itu data jumlah pengungsi menurut BNPB belum meningkat. Sampai Kamis sore tercatat jumlah pengungsi sebanyak 3.118 jiwa. Jumlah pengungsi di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 450 jiwa, Kabupaten Kuningan sebanyak 180 jiwa, Kabupaten Ciamis sebanyak 100 jiwa dan Kabupaten Cilacap sebanyak 2.388 jiwa.Sebelumnya, kesibukan nampak di ruangan Humas BNPB. Semua petugas mengecek sejumlah data korban jiwa dan data bangunan rusak lalu memasukannya ke website BNPB supaya dapat diketahui oleh masyarakat luas. (cdr)



26 komentar:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  2. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  3. makasih, infonya sangat bermanfaat sekali gan,,

    BalasHapus
  4. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat infonya , dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  7. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  8. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  9. artikelnya menarik sekali, sukses selalu gan buat artikelnya,

    BalasHapus
  10. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  11. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  12. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  13. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  14. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  15. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  16. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  17. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  18. makasih buat info-infonya, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/lMG3uB

    BalasHapus
  19. infonya sangat menarik dan bermanfaat sekali, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/ONx6Aa

    BalasHapus
  20. makasih buat info-infonya gan, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/sAIuts

    BalasHapus
  21. Terimakasih infonya gan, sangat menarik dan bermanfaat sekali..http://goo.gl/MiRYvk

    BalasHapus
  22. Infonya cukup menarik dan sangat bermanfaat gan, makasih ya, semoga sukses selalu http://goo.gl/peIF9c

    BalasHapus
  23. terima kasih semua. selamat pagi semua http://goo.gl/JCA6T0

    BalasHapus