Sabtu, September 05, 2009

Gempa, Kepikiran Akan Kiamat

Warga Bandung Berhamburan
BANDUNG – Goncangan dengan kekuatan 7,3 SR dengan titik gempa di Tasikmalaya, ternyata dirasakan masyarakat di berbagai daerah, termasuk Bandung dan Jakarta. Di Kota Bandung, saat gempa terjadi hampir sebagian besar warga panik.

Terlebih, peristiwa yang terjadi di bulan Ramadan ini, terjadi saat banyak orang ramai ngabuburit di pusat-pusat pertokoan dengan gedung beringkat. Sontak saja, saat gempa terjadi, warga berhamburan keluar gedung dan memadati jalanan protokol.

Pantauan Bandung Ekpsres (Grup Radar Tasikmalaya) di mal Bandung Electronic Center (BEC), Jalan Purnawarman, semua pengunjung berlarian keluar dengan panik. Awalnya, sebagian pengunjung tidak merasakan gempa tersebut. Namun, ketika gempa semakin kencang, semua pengunjung dan pegawai toko langsung panik, terutama yang sedang berada di lantai atas. Meski harus berdesakan, semuanya berlomba turun secepatnya menggunakan tangga eskalator. Bahkan tak sedikit pengunjung yang lari tanpa menggunakan alas kaki karena ketinggalan di dalam.

Salah seorang pemilik kios, Erwin mengatakan, saat berlari ia tak memikirkan apapun. Ia mengaku, kiosnya ditinggalkan begitu saja ketika merasakan gempa. “Saya nggak bawa apapun saking takutnya, apalagi goncangannya sangat terasa. Saya hanya bawa laptop saja yang ada di meja,” ujar dia.

Sedangkan Firman (24) mengaku sangat merasakan goncangan tersebut, terlebih saat kejadian, ia sedang berada di lantai tiga BEC. Ia menambahkan, keadaan di dalam ketika itu sangat kacau. Bahkan ia lihat ada beberapa orang yang jatuh ketika berdesakan di tangga. Beberapa di antaranya, kata dia, mengalami luka ringan.

Menurut Firman, ketika setelah gempa terjadi, selain suara teriakan, dari lantai atas terdengar pecahan kaca dan bangunan yang seperti roboh. Namun ia tidak bisa memastikan apakah ada dinding atau lantai yang rusak di sana.

Hal senada diungkapkan Fera. Kata dia, saat gempa tersebut, ia berpikiran akan hari kiamat. “Ada yang teriak minta tolong, ada yang teriak menyebutkan nama Tuhan. Pokoknya pada saat itu saya sudah tidak memikirkan apa-apa yang penting saya selamat,” ungkapnya.

Salah seorang petugas keamanan, Oni Febri mengatakan untuk keamanan semua pengunjung dilarang masuk ke gedung. Menurut dia, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan. Selain dikosongkan, mal yang biasa buka sampai pukul 22.00 itu pun ditutup lebih awal. Menurut dia, hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun ia memastikan hari ini (3/9) BEC akan buka kembali.

Kondisi serupa terjadi di Balai Diklat PU Wilayah II Bandung. Ratusan siswa diklat berhamburan di saat mengikuti materi. “Saya melihat infokus bergoyang-goyang,” papar Sabirin Muchtar (41), salah seorang siswa asal Lampung yang tengah mengikuti pelatihan.

Hal serupa dikemukakan Ateng Harja (40), salah seorang siswa Balai Diklat PU Wilayah II Bandung. Menurut Ateng, ia dan ratusan siswa lain, berhamburan ke luar gedung yang berhadapan dengan Mapolwiltabes Bandung itu. Akibat kejadian ini, tembok di dinning room, retak sekitar dua meter.

Pun di Lantai 1 kantor Telkom, Jalan Japati. Di belakang resepsionis, dinding sebelah kiri dan kanannya terkelupas akibat gempa. Bahkan, karena kejadian ini, sekitar 3.000 karyawan PT Telkom itu pun dipulangkan lebih cepat.

Kuatnya guncangan gempa juga mengakibatkan kolam renang di lantai tiga Grand Hotel Hyatt Regency Bandung, bocor. Karenanya, airnya hingga merembes ke ruang meeting room di lantai dua. “Kolam renang di lantai tiga bocor hingga merembas ke ruang meeting room di lantai dua. Namun, air rembesan air tidak terlalu parah,” ujar Publik Relation Manajer Grand Hotel Hyat Regency Bandung Mila M Omarsaid saat ditemui wartawan di luar gedung Hyatt.

Akibat kejadian tersebut, ratusan pengunjung hotel serta karyawan dievakuasi ke kantor Kodam Siliwangi yang berada di sebelah hotel.
Ia menuturkan, saat gempa terjadi kepanikan yang sangat di antara pengunjung dan karyawan hotel berbintang itu. “Tidak hanya pengunjung, karyawan juga ikut panik,” tuturnya.

Pantauan di Metro Trade Center (MTC), Jalan Soekarno-Hatta, sebagian besar pengunjung mengaku merasakan gempa cukup lama, sekitar 10 detik.
Bahkan ruko yang disewa ESQ yang terletak di sebelah MTC, kubahan bagian atasnya hancur berantakan. Kendati tidak ada korban jiwa, namun kepanikan tampak di dalam ruko yang saat itu sedang melalukan terapi religius.

Kepanikan serupa terjadi di Pusat belanja Borma, Jalan Kiaracondong. Bahkan, seisi barang dagangan berantakan serta atap bangunan hancur. “Ketika terdengar bunyi gemuruh dan goyangan gempa, seluruh karyawan dan para konsumen berhamburan keluar gedung untuk menyelamatkan diri,” terang security Borma Rasyid Mulyadi. (han/mim/rif)

24 komentar:

  1. makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

    BalasHapus
  2. Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

    BalasHapus
  3. makasih, infonya sangat bermanfaat sekali gan,,

    BalasHapus
  4. makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  6. wah artikelnya menarik sekali, sukses terus ya buat blog nya !

    BalasHapus
  7. artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat infonya , dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

    BalasHapus
  8. makasih buat infonya, sangat bermanfaat sekali, dan sukses terus buat blog nya .

    BalasHapus
  9. infonya sangat menarik sekali gan, sukses selalu ya buat blog nya

    BalasHapus
  10. makasih buat infonya, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  11. terimakasih infonya, semoga sukses selalu dan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  12. artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya buat blog nya.Kapan - kapan mampir juga ya ke blog saya

    BalasHapus
  13. artkelnya sangat menarik gan, di tunggu ya update an terbarunya

    BalasHapus
  14. artikelnya oke banget gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  15. makasih banyak buat infonya, sukses terus deh buat artikelnya

    BalasHapus
  16. Artikelnya sangat menarik, sukses terus ya buat blognya, kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya

    BalasHapus
  17. artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  18. infonya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya

    BalasHapus
  19. makasih buat infonya,artikelnya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/2MwBjn

    BalasHapus
  20. thank's buat infonya, semoga sukses terus ya, kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/Gj7Zhz

    BalasHapus
  21. terima kasih semua. selamat pagi semua http://goo.gl/JCA6T0

    BalasHapus