Jumat, Januari 18, 2008

Danny-Iwan Daftar ke KPU

***Minta Jauhi Black Campaign Fitnah

BANDUNG - Pasangan Danny Setiawan dan Iwan Ridwan Sulandjana resmi dideklarasikan di Hotel Papandayan pukul 14.30, kemarin. Bahkan, usai deklarasi, paket tersebut langsung didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar pada pukul 15.30.

Dengan demikian, paket Danny-Iwan merupakan pasangan pertama yang telah mendaftarkan ke KPU untuk mengikuti proses pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar 13 April mendatang.

Acara deklarasi sendiri berlangsung sangat meriah, bahkan saking banyaknya kader Golkar dan Demokrat yang datang, membuat ruangan yang ada tidak mencukupi untuk menampung semua peserta.

Dalam sambutannya, calon gubernur (Cagub) Golkar Danny Setiawan mengakui, tantangan Jabar ke depan semakin besar. Untuk itu, katanya, dibutuhkan figur pemimpin yang memahami betul kondisi permasalahan di Jabar.
“Karena itu saya maju, sebagai bentuk rasa tanggung jawab saya untuk melanjutkan program pembangunan selam saya memimpin,” ucapnya di hadapan ratusan kader Golkar dan Demokrat di Hotel Papandayan, kemarin.

Terkait proses kampanye nanti, Danny berharap agar semua calon menjunjung budaya santun dalam berpolitik. Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk menghindari konflik di masyarakat. “Hindari black campaign dan jauhi fitnah, saling jelek-menjelekkan satu sama lainnya,” harap Danny.

Pada kesempatan yang sama, calon wakil gubernur (Cawagub) Partai Demokrat Iwan Ridwan Sulandjana menuturkan, sebagai figur yang memiliki latar belakang militer, dirinya akan selalu siap mematuhi apa yang diperintahkan oleh pimpinan.

Iwan menjelaskan, dengan pengalaman sebagai mantan Pangdam III Siliwangi, ia yakin keputusannya untuk maju dalam Pilgub bisa diterima oleh masyarakat. “Sebagai seorang militer tentunya saya akan patuh kepada pimpinan, saya akan membuktikan, meski militer tapi figur yang egaliter,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Golkar Soemarsono mengatakan, duet Danny-Iwan ibarat duet Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK). Sebab, katanya, sama-sama menggabungkan dua partai yang sama, yaitu Golkar dan Demokrat. “Tataran atas SBY-JK, tapi tataran bawahnya Danny-Iwan,” paparnya.
Dengan duet tersebut, ia berkeyakinan bahwa koalisi Golkar dan Demokrat bisa menjadi pemenang dalam Pilgub Jabar. Menurutnya, optimisme tersebut tentunya tidak berlebihan.

Ia menilai, dengan sosok Danny sebagai incumbent, tentunya hal ini menjadi poin untuk merebut kemenangan. Sebab, masyarakat Jabar tentunya sudah sangat kenal dengan figur Danny. Begitu pun, lanjut dia, dengan figur Iwan Sulandjana. Dengan pengalaman sebagai mantan Pangdam III Siliwangi, ia berkeyakinan bahwa keluarga besar TNI akan mendukung Iwan. “Ada semboyan Siliwangi adalah Jabar dan Jabar adalah Siliwangi,” terangnya.

Terkait proses kampanye nanti, nampaknya Soemarsono sependapat dengan Danny, agar semua pasangan bersaing dengan sehat untuk memenangkan pilgub. Karena itu, budaya santun dalam berpolitik harus dikembangkan, agar proses pelaksanaan pilgub di Jabar bisa menjadi contoh bagi provinsi lainnya di Indonesia.

DAFTAR KE KPU
Usai deklarasi, paket Danny-Iwan langsung diarak menuju kantor KPU Jabar untuk mengembalikan persyaratan formulir pendaftaran sekaligus mendaftarkan diri sebagai Cagub/Cawagub yang akan maju dalam Pilgub Jabar. Kedatangan mereka diterima Ketua KPU Jabar Setia Permana.

Setia mengatakan, paket Danny-Iwan merupakan pasangan yang pertama kali mendaftarkan diri. Ia berharap, untuk paket yang lainnya pun mudah-mudahan bisa secepatnya untuk mendaftar ke KPU. “Dari pada injury time, lebih cepat tentunya lebih baik,” ujar pria berkacamata tersebut.

Pada kesempatan yang sama Ketua Pokja Pencalonan KPU Jabar Affan Sulaeman menyatakan, setelah mengembalikan formulir, selanjutnya persyaratan yang telah dilengkapi oleh Danny-Iwan akan segera diverifikasi oleh tim KPU. “Kami akan mengecek kembali formulir semua calon, untuk mengetahui secara benar kelengkapan persyaratan, seperti ijazah maupun persyaratan lainnya,” pungkas Affan. (dni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar