Jumat, Januari 18, 2008

Warga Malas Berobat ke Puskesmas Karyamukti

**Biaya Transportasinya Memberatkan
PATARUMAN - Warga Desa Sukamukti Kecamatan Pataruman memprotes kebijakan Dinas Kesehatan Kota Banjar yang mengharuskan warganya berobat ke Puskesmas Karyamukti. Mereka mengaku keberatan karena biaya transportasinya mahal. Padahal selama ini mereka lebih dekat berobat ke Puskesmas Pataruman. “Daripada harus berobat ke Karyamukti lebih baik berobat ke puskesmas Kertahayu Kecamatan Pamarican Kab Ciamis saja,” ujar Entin warga Sukamukti kepada Radar, kemarin.

Menurutnya, dirinya berobat ke Puskesmas Pataruman, tetapi petugas Puskesmasnya menolak melayani dan mengharuskan berobat ke Puskesmas Karyamukti. Padahal jaraknya jauh. Ongkos ke Karyamukti dari Sukamukti bisa mencapai Rp15.000 PP sedangkan jika ke kertahayu itu tidak lebih dari Rp10.000.
“Yang lebih memusingkan lagi angkot ke Karyamukti jarang. bila keadaan sedang darurat terpaksa harus pakai ojeg dan ongkosnya lebih mahal lagi,” keluhnya.

Entin mengatakan, percuma pemkot memberikan kebijakan berobat gratis, kalau ongkosnya mahal. Karena itulah warga enggan berobat ke Puskesmas, apalagi sebagian besar warga Sukamukti kondisi ekonominya pas-pasan.

Selain Enitn beberapa warga Sukamukti juga menolak berobat ke Puskesmas Karyamukti. Mereka meminta Dinas Kesehatan meninjau kembali kebijakannya. Karena pemerintah tidak bisa seenaknya saja membuat kebijakan tanpa pertimbangan warga. “Kembalikan lagi ke Puskesmas Pataruman, karena kalau ke Karyamukti terlalu jauh. Kalau berobat itu disamping biayanya harus terjangkau. Juga biaya transportasinya harus murah.(bmp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar