Kamis, Januari 17, 2008

Heryawan-Dede Resmi Dicalonkan

***Soetrisno: Tokoh Muda Sama-Sama Dhuafa

JAKARTA – Aktor laga yang juga anggota DPR Dede Yusuf resmi maju dalam ajang pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat (Jabar). Lewat koalisi PKS-PAN, tokoh berdarah Galuh Ciamis tersebut dipasangkan dengan Ahmad Heryawan.

PKS yang memiliki 14 kursi di DPRD Jabar mengusung Ahmad Heryawan yang juga wakil ketua DPRD DKI Jakarta dan ketua umum PUI (Persatuan Umat Islam) tersebut sebagai calon gubernur. Dede yang diusung PAN (7 kursi) menjadi calon wakil gubernur. “Saya dan Ahmad Heryawan sama-sama 41 tahun. Saya mengalah karena Heryawan ternyata tiga bulan lebih tua,’’ ujar Dede di Jakarta, Rabu (16/1). Pasangan Heryawan-Dede (Hade) sudah disetujui DPP kedua partai.

Surat keputusan (SK) untuk keduanya sudah diteken Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir dan Presiden DPP PKS Tifatul Sembiring. Heryawan dan Dede juga sudah bertemu Soetrisno Bachir.

Sebelumnya, Dede diposisikan sebagai calon gubernur berpasangan dengan Avi Taufik Hidayat dari PKB. Namun, koalisi PAN-PKB tidak berlanjut karena kurang satu kursi untuk mencapai syarat minimal 15 persen. “Heryawan dan Dede adalah pasangan tokoh muda, tapi sama-sama dhuafa,’’ ujar Soetrisno.

Karena itu, dia minta seluruh kader PAN dan PKS bekerja keras serta berjuang tanpa pamrih untuk memenangkan Heryawan-Dede. ’’Yang dilawan sangat berat. Mereka tokoh tua semua dan pasti berduit banyak,’’ tegas pengusaha asal Pekalongan tersebut. Sementara itu, Heryawan-Dede hanya bermodal keberanian dan kepercayaan dari masyarakat, khususnya generasi muda.

Pendaftaran cagub-cawagub di KPUD Jabar ditutup 20 Januari mendatang. Pasangan yang dipastikan maju, selain Heryawan-Dede, adalah incumbent Gubernur Jabar Danny Setiawan yang berpasangan dengan Iwan Sulanjana (Partai Golkar-Partai Demokrat) serta Agum Gumelar-Nu’man Abdul Hakim yang dicalonkan koalisi PPP. Sementara, PDIP dan PKB belum memutuskan apakah mengusung calon baru atau mendukung pasangan yang sudah ada. (adb/oni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar